Manfaat Probiotik untuk Ternak Ayam

Posted on Updated on

FAPET UGM Eksplorasi Misteri Probiotik
Posted by Frediansyah Firdaus On September 20, 2013

probiotik

zpt hantu
Bagian Nutrisi dan Makanan Ternak (NMT) Fakultas Peternakan UGM saat ini terus berusaha untuk mengeksplorasi hal-hal yang terkait dengan misteri ilmu pengetahuan yang nantiya dapat langsung bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Salah satu aspek yang saat ini sedang dieksplorasi adalah tentang penggunaan probiotik dalam industri ayam potong. Menurut Ketua Bagian NMT Fakultas Peternakan UGM yang juga Project Manajer Kerjasama Riset NMT-EvoVONIK Bambang Suwignyo PhD selama ini industri ayam potong tidak lepas dari penggunaan obat termasuk salah satunya adalah antibiotik.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kesadaran untuk menuju sumber pangan yang aman dan nyaman maka muncul pemikiran untuk penggunaan probiotik dalam industri ayam potong. ”Ini tidak hanya dilandasi oleh kepentingan untuk menuju hidup sehat yang lebih baik namun juga efisiensi usaha (ekonomi),” katanya di Fakultas Peternakan UGM.

 

Dia menyebutkan, penggunaan obat kimia selain berpotensi pada efek samping pada kesehatan manusia juga berbiaya tinggi. Probiotik adalah bahan yang berasal dari organik atau biologi yang jelas lebih ramah lingkungan dan berpotensi untuk menurunkan biaya produksi.

Saat ini Bagian NMT Fakultas Peternakan UGM telah melakukan kerjasama dengan PT Evonik Singapura dalam hal ekplorasi atau penelitian terkait dengan pemanfaatan probiotik pada industri ayam potong. “Kerjasama ini dilakukan dalam koridor saling memberikan manfaat dan upaya untuk kehidupan manusia yang lebih baik dalam pemenuhan pangan,” imbuhnya.

Dengan supervisi Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama Fakultas Peternakan UGM, tim kerjasama ini dikoordinasikan (pimpro) Bambang Suwignyo PhD (Ketua Bagian NMT ex officio) dengan tim ahli Prof Dr Ir
Zuprizal DEA, Prof Dr Ir Wihandoyo MS, Ir Supadmo MS, Nanung Danar Dono SPt MSc Ph.D pada tahap pertama.

Untuk tahap kedua akan menambah satu ahli Prof Dr Ir Sri Harimurti MS. Penelitian itu melibatkan beberapa mahasiswa S1. Diharapkan dengan melibatkan para mahasiswa itu tidak semata-mata sebagai sarana kelulusan bagi mahasiswa, namun sekaligus sebagai sarana pembelajaran dalam arti luas (BT-FF/Suaramerdeka).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s