Beternak Ayam Organik

Posted on Updated on

AYAM ORGANIK MURNI, kemurnian yang berhasil direalisasikan

ayam pedaging

ayam organik
AYAM ORGANIK MURNI
Pemeliharaan Organik yang berhasil direalisasikan oleh Peternak, Koordinator Bpk. Hidayat Sumbodo dan Team Pronic Indonesia,
.
Peternak kecil dibawah bimbingan Bpk Hidayat Sumbodo dan kerjasama bersama PT. Pronic Indonesia berhasil memelihara dan mengembangkan Ayam Kampung Organik Murni.

Dikatakan organik murni, adalah karena:
o DOC ditetaskan dan dibesarkan sejak awal dengan perlakukan organic
o Seluruh ayam diberi pakan sayur-sayuran organik dan juga dedak yang berasal dari beras organik.
o Pemanasan Kandang menggunakan pemanas hemat energi, karena menggunakan teknologi sederhana untuk mendapatkan panas dengan pembakaran sekam, bukan menggunakan bahan bakar.
o Pendamping pakan dan sebagai obat-obatan, hanya menggunakan Probiotik Mix, dimana bahan kimia samasekali tidak dipergunakan. Probiotik ini juga berhasil melakukan pencegahan terhadap serangan virus.
Pemeliharaan selama 70 hari ini, menghasilkan produk hidup seukuran 900 gram hingga 1.000 gram.

Hasil laboratorium yang dapat teranalisa adalah:
o Salmonella thyposa: Negatif
o E-coli: Dibawah ambang batas
o Pestisida: Tidak terdeteksi
o Cemaran Logam: Dibawah ambang batas

Dengan penggunaan pakan yang serba organik, pemeliharaan yang sama sekali menghindari penggunaan bahan kimia, ditambah dengan pemotongan dan pembersihan yang tidak menggunakan bahan kimia, maka Ayam Organik ini bisa dikatakan Ayam Organik murni.

Penelitian dan ujicoba yang dilakukan ini, sudah dipanen dan dikirim ke pasar pada akhir July 2010, dengan ukuran karkas 700-800 gram.
Sebelumnya, produk seperti ini belum pernah dihasilkan dengan menggunakan bahan yang murni organik, karena pakan biasanya masih pakan pabrikan, atau pakan yang dibuat sendiri tetapi berasal dari bahan-bahan yang bukan organik.

Ketersediaan bahan-bahan pakan organik ini dapat diperoleh mengingat Koordinator Bpk Hidayat Sumbodo juga mengkoordinir petani-petani sayur, buah dan beras organik di daerah Jogjakarta dan sekitarnya.

Ke depannya, Pronic Indonesia bekerjasama dengan Koordinator Bpk Hidayat Sumbodo, dan juga para petani organik dan peternak organik di Jogjakarta dan sekitarnya, berencana akan mengembangkan Ayam Kampung Organik Murni secara rutin hingga jumlah 500 – 1000 ekor perminggunya.
Pasar yang akan dibidik adalah pasar menengah atas yang ada di Jakarta, seperti Ranch Market, Diamond, Foodmart dan lainnya.
Dengan kerjasama ini, diharapkan kami dapat memberikan alternatif yang paling sehat dan paling baik bagi konsumen ayam di Indonesia. Metoda ini, selain akan memberi keuntungan bagi konsumen, juga bagi para peternak dan juga bagi lingkungan hidup disekitanya.
Christopher Emille Jayanata
Pronic Indonesia PT.

disalin oleh http://www.hrmonhantu.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s