BUDI DAYA JAGUNG ORGANIK

Posted on Updated on

Kiat Budidaya Jagung Organik Hasil Panen Berlimpah
gambar-budidaya-jagung-manis
Selain tanaman ini mudah untuk dibudidayakan, ada keuntungan lain yang kita dapat jika kita menanam jagung antara lain jumlah permintaan pasar akan kebutuhan jagung cukup tinggi, karena tanaman ini memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pengganti beras dan gandum. Oleh karena itu, Anda tidak salah jika memulai untuk bisnis budidaya jagung organik.

Sebelum kita memulai lanjut tentang cara budidaya jagung organik tidak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa saja keuntungan yang kita dapat setelah kita mengkonsumsi jagung.
Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

untuk melawan kanker

Tanaman jagung memiliki kandungan asam fenolik, senyawa ferulik, yaitu senyawa antikanker yang terbukti dapat melawan tumor wapdam kanker payudara atau pun kanker hati.

Sumber asam linoleat

Asam linoleat merupakan asam lemak esensial yang memiliki sifat tidak jenuh yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. asam linoleat sangat dibutuhkan untuk menambah asupan gizi dan untuk transportasi vitamin D.

Mencegah anemia dan menjaga kekebalan tubuh

Tanaman jagung memiliki kandungan vitamin b12 yang memiliki fungsi untuk mencegah anemia yang diakibatkan karena kekurangan vitamin tersebut. Tidak hanya itu kandungan vitamin Bmemiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan sel tubuh

Sebagai sumber kalium

Kalium memiliki fungsi yang amat penting untuk tubuh yaitu sebagai elektrolit yang dapat mengatur tingkat cairan tubuh dan menjaga keseimbangan sehingga organ organ tubuh mampu berfungsi secara normal dan tepat. Selain itu kalium juga memiliki sifat diuretik yang berfungsi untuk mengatasi infeksi saluran kemih, mencegah batu ginjal dan bisa menurunkan kadar asam urat.

Sebagai sumber serat

Jagung memiliki kandungan serat yang sangat bagus untuk kesehatan sistem pencernaan. Selain itu karena jagung memiliki kandungan serat yang tinggi maka dapat membantu mencegah timbulnya sembelit, wasir, ataupun resiko kanker usus besar . Tidak hanya itu saja kandungan serat yang ada dalam jagung dapat memberikan perasaan kenyang yang lebih lama,oleh karenanya makanan ini sangat cocok untuk orang yang lagi melakukan program diet.

Sumber protein

Di dalam 100 gram jagung memiliki kandungan sekitar 9,2 gram protein. Fungsi dari protein yaitu untuk membantu pembentukan jaringan otot baru serta dapat meningkatkan kinerja sel dalam tubuh. Selain itu fungsi protein untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta bisa pembantu meningkatkan pelepasan insulin.

Ada banyak manfaat lain dari tanaman jagung yang bisa anda peroleh, oleh karenanya anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya selain sebagai media usaha budidaya untuk menghasilkan pundi pundi rupiah.

Oke, langsung saja kita ulas tentang cara praktis budidaya jagung organik untuk hasil panen yang melimpah.
Langkah-langkah Budidaya Jagung Organik
Syarat tumbuh budidaya jagung organik
gambar – budidaya jagung organikgambar – budidaya jagung organik

Tanaman jagung memiliki sifat yang bersahabat untuk petani kita. karena jagung mempunyai tingkat beradaptasi yang cukup tinggi. Tanaman jagung bisa Anda budidayakan baik di daerah dataran tinggi maupun di daerah dataran rendah. Tanaman ini juga bisa tumbuh dengan baik dengan jumlah ph tanah atau tingkat keasaman sekitar 5-8 pH

Namun yang perlu Anda perhatikan yaitu untuk kondisi tanah sebaiknya memiliki jumlah kandungan unsur hara yang cukup. Tanaman jagung sebaiknya memiliki unsur nitrogen dalam jumlah yang cukup besar dan jangan lupa anda juga perlu memperhatikan unsur hara yang lain semacam kalium dan fosfat.
Pengolahan lahan jagung organik

Dalam budidaya jagung Anda bisa menggunakan lahan bekas sawah ataupun bisa menggunakan sistem bedengan. Jika jenis lahan yang Anda pakai bekas sawah, Anda perlu memperhatikan kondisi lahannya sebaiknya lahan tersebut tidak tergenang oleh air. Fungsi dari bedengan pada tanaman ini untuk mengatur saluran pengairan atau drainase. Untuk ukuran bedengan sebaiknya dibuat dengan lebar 1 meter dan tingginya 20-30 cm. Anda bisa menanam dua baris tanaman jagung dalam 1 bedengan, atur juga jarak antar bedengan dengan dengan panjang sekitar 30-40 cm.

Sebagai pemupukan awal sebaiknya Anda mempersiapkan campuran pupuk dari kotoran sapi atau kambing dan dengan kotoran ayam dengan perbandingan 1:1, contohnya saja 1 karung kotoran ayam dan satu karung kotoran sapi atau kambing. Fungsi dari kotoran ayam ini adalah untuk meningkatkan kadar unsur nitrogen dalam tanah sedangkan untuk pupuk kotoran sapi atau kotoran kambing memiliki kandungan unsur kalium dan fosfat. Untuk budidaya jagung secara organik Anda membutuhkan pupuk tersebut dengan jumlah sekitar 5 ton per hektar.
Proses penanaman

Penanaman jagung organik sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan dengan tujuan untuk meminimalkan jumlah pengairan sebelum tanam, namun jika Anda tanam pada waktu musim kemarau tidak masalah yang penting jumlah pengairannya cukup untuk proses penanaman jagung organik.

Untuk menghasilkan panen yang maksimal sebaiknya Anda juga harus jeli memilih jenis bibit yang baik untuk ditanam. Ada berbagai macam jenis bibit jagung, mulai dari jenis benih jagung manis, jagung hibrida, maupun jenis jagung super.

Sebelum Anda menanam jagung, Anda perlu membuat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 2-3 cm, dengan jumlah 2 benih jagung tiap satu lubang tanam. Selanjutnya Anda tutup lubang tanam tersebut dengan campuran tanah dan pupuk kompos. Sebagai gambaran, jumlah kebutuhan benih dalam 1 hektar yaitu sekitar 8 kg.

Jarak tanam yang ideal untuk budidaya jagung organik pada kisaran 60-75 cm. Budidaya jagung organik bisa dikatakan berhasil apabila jumlah populasi tanaman jagung sekitar 34 ribu sampai 37 ribu tanaman per hektarnya.
Tahap pemeliharaan

Yang perlu Anda perhatikan dalam tahapan pemeliharaan ini adalah sebagai berikut:

Lakukan penyiangan 2 minggu sekali untuk menghilangkan gulma ataupun rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman jagung.
Melakukan proses pembumbunan yaitu proses untuk memperkokoh batang jagung supaya tidak mudah roboh dan menjaga kondisi akar jagung agar tetap sepenuhnya ditutupi oleh tanah.
Selanjutnya adalah proses penjarangan, yaitu proses penyortiran tanaman jagung yang tidak bisa tumbuh dengan baik serta harus dilakukan pemotongan atau pencabutan. Kemudian lubang tanam yang telah kosong segera dilakukan penyulaman agar bisa tumbuh secara normal dan serentak.
Selain itu Anda perlu melakukan pengendalian hama dan penyakit tanaman22:06:38, caranya yaitu dengan proses penyemprotan dan pembasmian tanaman jagung yang sudah terinfeksi penyakit. Semuanya itu tergantung pada jenis hama atau penyakit yang menyerang.

Pengendalian hama dan penyakit

Hama yang sering di temukan pada kasus budidaya jagung organik diantaranya seperti hama penggerek, penggerek tongkol, kutu daun, belalang, dan tikus. Berikut ini kami ulas masing-masing jenis hama;

Hama penggerek batang (O. furnacalis), jenis hama ini biasanya menyerang tanaman jagung ketika fase generatif dan vegetatif. Hama ini sering menyerang bagian batang jagung karena larva penggerek memakan batang untuk dijadikan makanannya. Cara pengendaliannya yaitu dengan melakukan rotasi tanam seperti dengan tanaman kedelai ataupun kacang tanah. Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memotong bunga jantan tanaman jagung dan menentukan waktu tanam yang sekiranya tidak terjadi ledakan hama. Anda bisa melakukan pemusnahan secara alami dengan cara memanfaatkan musuh alami contohnya Trichogramma spp dan Euborellia annulata.
Hama Ulat Tongkol (H. armigera), merupakan hama yang sering menyerang tongkol jagung. Cara pencegahannya yaitu dengan melakukan pengolahan tanah yang bagus karena dengan melakukan pengolahan tanah maka bisa mengurangi jumlah populasi ulat tongkol untuk musim tanam berikutnya
Kutu daun (R. maidis) , serangan pada hama ini yaitu dengan mengeluarkan semacam embun pada daun jagung yang kemudian berubah menjadi warna hitam. cara pencegahannya dengan menggunakan musuh alami seperti Coccinella sp. , Micraspis sp, dan Lysiphlebus mirzai. Bisa juga Anda melakukan pencegahan dengan cara tumpang sari jagung organik dengan tanaman yang lain
Belalang (Oxya spp.) , hama ini sering ditemukan di daerah yang berupa persawahan atau padang rumput. untuk mengurangi jumlah populasi belalang anda bisa menggunakan musuh alami burung atau laba laba.
Selanjutnya yang sering terdapat pada tanaman jagung adalah hama tikus. biasanya tikus sering menyerang jagung yang ditanam di lahan persawahan. Tikus sering memakan jagung muda atau yang sedang matang susu. cara pengendaliannya yaitu dengan cara melakukan perburuan serta membunuh tikus dari sarangnya.

Bukan hanya apa saja yang sering menyerang tanaman jagung namun ada juga serangan penyakit yang disebabkan oleh bagai jenis virus bakteri ataupun cendawan.

Bule, penyakit ini ditandai dengan adanya permukaan daun yang23:33:31 terlihat bergaris garis sampai kuning diikuti dengan warna kecoklatan. Kerusakan yang ditimbulkan dari penyakit ini yaitu menyerang tongkol jagung. Walaupun begitu, penyakit ini sering terjadi karena keterlambatan tanam atau tanam diluar musim. Akibat dari serangan penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan yang parah pada tongkol jagung hingga 100%. Cara menghindari penyakit ini yaitu dengan pemilihan jenis varietas benih yang tahan terhadap penyakit, selain itu melakukan pemusnahan tanaman yang sudah terinfeksi penyakit, menanam sesuai pada musim tanam, dan melakukan rotasi tanam.
Penyakit karatan, gejala serangannya yaitu adanya bisul yang berwarna kecoklatan sampai warna jingga di permukaan daun jagung bagian atas. Penyakit ini pada umumnya menyerang jagung organik yang ditanam pada daerah beriklim tropis sampai iklim sedang. Penyakit karat bisa berkembang baik pada keadaan suhu 16-23°C dengan kondisi kelembaban tinggi. Cara pengendaliannya dengan melakukan pemilihan varietas benih unggul, menjaga kebersihan kebun serta menggunakan aplikasi biopestisida jika bisul muncul pada permukaan daun.

Masa Panen Jagung

Masa panen jagung pada umumnya dilakukan apabila tanaman mencapai usia 85-95 hari atau bisa tergantung kepada kebutuhan untuk sayuran seperti (baby corn atau janten) bisa di rebus atau dibakar hingga untuk di ambil bijinya. Cara panen jagung yaitu dengan memutar tongkol jagung organik untuk dipisahkan buah jagung dari tangkainya.
Tanaman ini bisa dikatakan semi serba guna, batang tanaman jagung sehabis panen selesai bisa dipakai sebagai kayu bakar maupun pakan ternak. Sedangkan untuk klobot jagung bisa dipakai sebagai papir tembakau / bungkus dodol.

Demikianlah ulasan sipendik tentang Kiat Budidaya Jagung Organik Hasil Panen Berlimpah. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua. Selamat menanam..

Jagung Berjuta Manfaat

 

kue jagung2Jagung  (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.

 

Banyak sekali kandungan gizi di dalam jagung diantaranya di hitung dalam per 100 gram jagung , Kalori : 355 Kalori, Protein : 9,2 gr, Lemak : 3,9 gr, Karbohidrat : 73,7 gr, Kalsium : 10 mg, Fosfor : 256 mg, Ferrum : 2,4 mg, Vitamin A : 510 SI, Vitamin B1 : 0,38 mg, Air : 12 gr.

 

sedimikian banyaknya gizi yang terdapat dalam jagung lalu kenapa  tidak kita mengkomsumsi jagung, Di hari Jagung di Markas Jimmy Hantu jagung di buat berbagai makanan, dari mulai sarapan, makan siang hingga makanan camilan atau kue – kue, diantaranya yang di karyakan oleh peserta BIM adalah jagung nasi goreng (menu sarapan), nasi kangkung / sawi jagung (makan siang), Putri noong, klepon dan jelly jagung.

 

Bila mengenai rasa tidak bisa di pungkiri lagi, apalagi bila menggunakan jagung hantu (jagung yang di tanam di markas jimmy hantu) tidak perlu di olah saja sudah nikmat dengan di makan mentah dan segar dari pohonnya.

Manfaat jagung pun tak kalah banyak dengan kandungan gizinya antara lain : 1. Memperbaiki pencernaan, Jagung memiliki banyak serat yang merupakan keuntungan besar untuk pencernaan. Hal ini dapat mencegah sembelit, wasir, dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar. 2.
2. Kaya mineral, Lebih dari yang bisa Anda pikirkan, jagung mengandung sebagian besar magnesium, tembaga besi, dan yang paling penting fosfor, yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang Anda dari retak karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi ginjal. 3. Merawat kulit, Jagung juga kaya akan antioksidan, yang membantu dalam menjaga kulit agar awet muda. Selain dikonsumsi sebagai makanan, dapat juga digunakan minyaknya yang merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Tepung  jagung juga berguna untuk meredakan iritasi pada kulit. 4. Mencegah anemia, Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, jagung manis bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia. 5. Mengontrol kolesterol, Kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kolesterol jahat  karena asupan makanan berlemak melemahkan hati Anda dan juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. 6. Penting selama kehamilan, Konsumsi jagung pada wanita hamil, menyediakan sumber yang kaya asam folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Jagung manis bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari  dari cacat lainnya.(JH/JO/JTTV/JTN

hub : 0813.2281.5219

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s