TESTIMONI PARA PENGGUNA TEKHNOLOGI JH-150

Posted on Updated on

Drs. H.Bando Amin C. Kader, M.M, Bupati Kepahiang

Program Panen Raya Padi Organik menggunakan pupuk HANTU dengan System Rise of Intensification (SRI) berlokasi di Desa Bumi Sari dan Suro Lebak Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, suskes dengan hasil panen 11 ton per Hektar yang semula hanya ditargetkan 8,4 ton per Hektar.

Acara Panen Raya ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu.

PETANI BUAH TOMAT, Bpk. Maryani Ds. Panataran

Dengan memakai Hantu hasil tomat saya bisa mencapai 2,5 kg padahanl biasanya hanya menghasilkan 1-1,5 Kg / pohon.

Buahnya juga menjadi lebih mengkilat. Selain itu, tinggi pohon tomat bisa mencapai 2 meter lebih, padahal biasanya hanya 1 meter hingga 1,5 meter.”

PETANI DURIAN, Hj.Tutiek Montong.

Malah pohon durian yang belum pernah berbuah, yang sudah ditunggu berlama-lama tak kunjung timbul tanda-tanda akan berbuah, sekarang di beberapa ranting mulai mengeluarkan bunga.

Berkat penggunaan pupuk Hantu buah duriannya tumbuh lebat dengan rata-rata berbuah 30 – 33 buah per pohon. Selain itu duriannya besar-besar dan manis rasanya. “Ini alasan saya mengundang Pak Jimmy Hantu panen durian di kebun saya. Sebagai ucapan terimakasih sekaligus apresiasi saya terhadap produk hormon ciptaannya,”

Peternak Gurame, Pak Sulis, Blitar.

Dua kali aplikasi tiap seminggu sekali telah memperlihatkan hasilnya, sekalipun ikan gurametidak diberi Nutrisi Hantu sejakawal tapi terbukti ikan gurame lebih lincah,suka makan dan sehat

Selain itu, penggunaan Nutrisi Hantumembuat air kolam menjadi lebih beningdan residunya pun semakin berkurang yang membuat kolam menjadi lebih dingin,sehingga membuat ikan menjadi lebih sehat.Penggunaan yang irit menguntungkanpetani ikan, selain bisa membuat irit pakanikan, Nutrisi Hantu bisa menumbuhkanplankton-plankton yang menggantikan pakan ikan.

TEHNIK BUDIDAYA COKLAT DG PUPUK ORGANIK

Posted on Updated on

Agar Kakao Berbuah Lebat

Keuntungan Sistem Budidaya Kakao Organik

  pohon coklat lebatcoklat buah

Gerakan pertanian organik terus berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan pasar akan produk organik. Begitu juga halnya dengan kakao organik. Bagi para konsumen coklat (makanan/minuman dari kakao), coklat yang dibuat dari kakao organik menjadi incaran dan paling diminati.

Harga beli coklat yang berasal dari kakao organik juga lebih tinggi daripada coklat biasa.

Berikut ini saya ingin berbagi informasi dengan teman-teman semua mengenai keuntungan budidaya kakao secara organik.

Sistem budidaya yang ramah lingkungan.
Inti dari pertanian organik adalah suatu pertanian yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam, makanya dalam pertanian organik, pemakaian asupan berupa bahan-bahan kimia tidak diperbolehkan. Hal ini didasarkan pada pemikiran pemakaian bahan-bahan kimia tersebuat akan merusak tanaman itu sendiri, kontaminasi tanah yang intinya akan berbahaya bagi lingkungan. Sistem pertanian organik juga tidak membenarkan adanya pembukaan lahan baru dengan membakar hutan ataupun di daerah hutan yang dilindungi.

Biaya produksi yang relatif lebih murah.
Dengan sistem budidaya organik, petani tidak perlu lagi membeli pupuk ataupun pestisida, herbisida atau asupan lainnya. Semua asupan itu bisa dibuat sendiri oleh petani dengan biaya yang relatif lebih murah, sebut saja untuk pupuk. Petani bisa memanfaatkan kotoran hewan sebagai bahan utama untuk membuat pupuk.

Tidak merusak kesehatan.
Penggunaan asupan kimia pada tanaman kakao secara tidak langsung akan menghasilkan buah kakao yang juga mengandung bahan kimia sehingga akan merugikan kesehatan bila kita mengkonsumsinya, begitu juga halnya dengan tanaman yang lain. Penggunaan alat semprot dengan kandungan bahan kimia juga bisa merugikan kesehatan, karena pada umunya para petani sangat tidak peduli dengan keselamatan kerja. Seperti penggunaan sarung tangan ataupun masker.

Panen maksimal.
Sistem budidaya kakao organik sudah pasti akan menghasilkan panen yang maksimal karena tanaman akan akan diperlakukan secara alami tanpa bahan kimia. Tanaman kakao akan jauh lebih sehat, berumur panjang dan tahan terhadap hama penyakit.

Harga beli yang lebih tinggi.
Produk-produk makanan ataupun minuman yang terbuat dari bahan alami (organik) sangat disukai oleh konsumen karena lebih menyehatkan tubuh. Karena itu harganya juga lebih tinggi daripada produk biasa.

kakao (Theobroma cacao) adalah sumber pendapatan utama keluarga pedesaan dan memainkan peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan serta memperbaiki kualitas hidup di berbagai negara tropis. Perbaikan pengelolaan tanaman kakao dewasa dapat menghasilkan produksi yang berkelanjutan dalam jumlah yang cukup banyak, tapi biji kakao kering yang dihasilkan masih sangat minim. Untuk mengatasi masalah tersebut, Pusat Penelitian Pertanian Internasional Australia (ACIAR) bekerjasama dengan Lembaga Kelapa Kakao, Papua Nugini.

ACIAR didirikan sejak Juni 1982 dan tugas utamanya adalah membantu mengidentifikasi masalah-masalah pertanian di negara-negara berkembang. Panduan pelatihan tentang Pengelolaan Hama dan Penyakit Terpadu (PHPT) untuk produksi kakao berkelanjutan tersebut disusun oleh Dr. John Konam dan Yak Namaliu dari Divisi Penyakit Tumbuhan (Lembaga Kelapa Kakao, Papua Nugini) serta Dr. Rosalie Daniel dan Professor David Guest (Universitas Sydney, Australia). Pendekatan pengelolaan baru dilakukan berdasarkan kegiatan budidaya agronomis yang sehat dan strategi PHPT.

Penelitian ini bertujuan membantu petani mengoptimalkan produksi kakaonya. Penelitian ini dikembangkan karena petani memiliki prioritas dan kemampuan akses yang berbeda dalam memanfaatkan sumberdaya. Perbedaan tersebut perlu didukung dengan panduan yang membantu petani dalam memilih tingkat pengelolaan yang paling sesuai pada kondisi tertentu. Hal ini diharapkan dapat mengurangi kesenjangan pengetahuan dan produksi kakao.

Sebagai tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis di Amerika Selatan, kakao berbunga berdasarkan perubahan iklim. Pembungaan tergantung pada perubahan iklim. Kakao hibrida mulai berbunga sekitar 30 bulan setelah ditanam, sedangkan kakao klonal hanya 15-24 bulan. Produksi puncak tercapai pada saat pohon berumur 4-5 tahun dan dapat bertahan selama 20 tahun atau lebih jika pengelolaannya baik. Pada akhir musim hujan (Maret) tanaman memproduksi tunas daun baru (flush) dan segera sesudahnya (April-Juli) terbentuklah bunga. Bunga yang sudah terserbuki akan berkembang menjadi buah dewasa setelah 5-6 bulan. Panen utama berlangsung selama bulan Oktober-Januari, 60% panen dalam setahun dihasilkan pada periode ini. Pertumbuhan flush kedua (daun diikuti oleh bunga) terjadi pada saat awal musim hujan (November) dan hasil periode pertengahan dipanen antara April-Juli.

PHPT (pemangkasan kakao, kegiatan sanitasi, pengelolaan gulma, pemupukan dan pengelolaan tanaman penaung) sebaiknya dilakukan 3 bulan sebelum masa pembungaan (utama dan pertengahan musim). Kegiatan ini dilakukan untuk lebih memacu pembungaan dan perkembangan buah daripada pertumbuhan vegetatif. Selain itu, buah yang sakit sebaiknya disingkirkan setiap melakukan panen mingguan.

Pemangkasan

Ketahanan kakao sangat ditentukan oleh pemangkasan, kalau tidak dilakukan dengan baik maka akan mengurangi hasil kakao selama beberapa bulan bahkan beberapa tahun dan meningkatkan serangan penyakit serta pertumbuhan gulma. Pemangkasan akan menghasilkan pohon dengan tajuk terbuka hingga memungkinkan matahari masuk. Ada empat komponen kunci dalam pemangkasan tanaman kakao, antara lain pemangkasan bentuk (pemangkasan pucuk dan bentuk tajuk), pemangkasan tunas air/vertikal, pemangkasan sanitasi dan pemangkasan struktural. Pemangkasan bentuk dilakukan dengan memangkas pucuk (3-6 bulan) dan bentuk tajuk (6-9 bulan).

Tujuannya untuk membentuk tanaman dan tajuk kakao yang memacu perkembangan cabang sekunder dan menghasilkan banyak buah. Berbeda dengan pemangkasan bentuk, pemangkasan tunas air terdiri atas tiga tahap, yaitu memangkas semua tunas setinggi 40-60 cm di atas permukaan tanah; memangkas sebagian besar tunas yang tumbuh kembali di dalam struktur yang terbentuk; serta menghilangkan tunas vertikal yang tidak tumbuh tegak.

Sedangkan pemangkasan sanitasi dilakukan dengan cara memangkas cabang di bawah ketinggian 1,2 m, cabang yang sakit/rusak dan tumpangtindih dengan jarak 20-40 m, ranting yang tidak produktif, memelihara cabang untuk mempertahankan tinggi tanaman 3,5 m, pengirisan sentral dan samping, dan membuang semua buah yang mengering. Terakhir, pemangkasan struktural adalah pemangkasan yang membatasi ketinggian tanaman, membersihkan permukaan tanah, dan memangkas tajuk arah timur-barat lalu utara-selatan.

Tidak hanya pemangkasan kakao, pemangkasan pohon penaung pun akan memacu pertumbuhan yang sehat dan memperbaiki hasilnya. Jumlah penaung yang terlalu sedikit mengakibatkan kakao menjadi tidak sehat dan muncul masalah gulma. Tapi jumlah penaung yang terlalu banyak akan meningkatkan masalah hama dan penyakit. Keduanya menyebabkan produksi kakao rendah. Jenis tanaman penaung beraneka macam, namun yang biasa ditemui adalah kelapa atau glirisidia (Gliricidia sepium).

Pengelolaan Penaung

Pemangkasan penaung dapat dilakukan dengan menghilangkan daun-daun kelapa yang jatuh ke pohon kakao secara rutin. Pengelolaan ini sebaiknya meliputi pengurangan tajuk, pembuangan kulit batang, dan pemangkasan pertumbuhan kembali yang dilakukan pada bulan Juli dan Desember (5-6 bulan sesudah pemangkasan struktural) dan selama putaran pemangkasan sanitasi normal. Pengurangan tajuk yaitu pemangkasan cabang-cabang tajuk besar untuk mengurangi bobot tajuk glirisidia. Sedangkan pembuangan kulit batang hanya membuang kulit pada ketinggian bahu lalu memotong jaringan penghubung permukaan pada tempat kulit batangnya diambil. Selanjutnya pemangkasan pertumbuhan kembali dilakukan tiga bulan setelah pembuangan kulit batang, tumbuhkan dua atau tiga tunas dan buang sisanya. Enam bulan setelah pembuangan kulit batang, tinggalkan satu tunas pertama dan buang kulit pada tunas sisanya.

Pengendalian Gulma

Pengendalian gulma juga berperan penting dalam mengurangi hama dan penyakit. Gulma dikendalikan dengan cara meningkatkan ketersediaan air dan unsur hara, serta mempermudah akses ke tanaman kakao. Gulma meliputi rumput, tumbuhan berdaun lebar, tumbuhan merambat, tumbuhan lain yang tidak dikehendaki dan tumbuh pada blok kakao. Gulma di bawah pohon kakao akan menjadi pesaing unsur hara, sinar, air dan ruang, serta membantu penyebaran hama dan penyakit. Namun gulma dapat dihilangkan dari sekeliling pangkal batang kakao secara manual ataupun menggunakan bahan kimia. Pilihan pengendalian gulma tergantung pada sumberdaya yang tersedia, dan apakah akan mengusahakan kakao secara organik atau tidak.

Pemupukan

Pemakaian pupuk perlu dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kondisi.  pupuk kandang menyediakan unsur hara ekstra untuk membentuk ketahanan dan memperbaiki kesehatan tanaman, sehingga mampu meningkatkan produksi, sedangkan .Untuk memacu pertumbuhan ,terutama pohon muda , diberi ZPT ( zat pengatur tumbun) hormon multiguna Hantu , meningkatkan akar batang dan daun sedangkan untuk  memacu pembungaan dan pembuahan  diberikan NPK jagotani hantu untuk  membantu tanaman dewasa untuk memasok nutrisi pada buah muda dan menunjang perkembangan buah sampai masak. , bisa digunakan pupuk kandang yang dikomposkan selama 3 bulan agar bisa memperbaiki tanah dan bermanfaat dalam produksi kakao organik.

Sanitasi Blok

Sanitasi blok yang memerlukan perawatan karena penyakit dan hama kakao tersebar akibat buruknya pengelolaan blok. Serangga memainkan peranan penting dalam siklus penyakit busuk buah (Phytophtora). Sanitasi akan memacu kebersihan pokok dan memperbaiki kesehatan tanaman. Bagian paling penting dalam sanitasi adalah memanen semua buah satu minggu sekali selama musim hujan, dan dua minggu sekali selama musim kemarau. Sanitasi blok terdiri atas kebersihan pohon dan permukaan tanah.

Kebersihan pohon meliputi pembersihan buah yang busuk/hitam (dibuang dari blok kakao untuk mengurangi penyebaran inokulum dan terjadinya penyakit), bagian tanaman yang sakit/rusak (dipangkas mulai dari chupon/tunas vertikal, tunas baru, daun, dan cabang yang terinfeksi penyakit pembuluh kayu atau vascular streak dieback (VSD) dan kanker (berupa bercak infeksi yang timbul

google :cara menanam coklat dg pupuk organik

BUDI DAYA SEMANGKA ORGANIK

Posted on Updated on

Cara Praktis Budidaya Semangka Untuk Hasil Panen Melimpah

lustrasi - budidaya semangka

 

Cara Praktis Budidaya Semangka Untuk Hasil Panen Melimpah. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan buah semangka. Buah yang memiliki bentuk alamiah bulat atau lonjong ini sangat digemari oleh masyarakat, karena buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga jika kita mengkonsumsinya bisa menghilangkan dahaga.

Tapi tahukah Anda bahwa buah semangka ini memiliki prospek yang bagus untuk dibudidayakan, keuntungan yang didapat bisa lebih dari 100% dari jumlah total produksi kita. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita budidaya semangka.

Langkah-langkah Budidaya Semangka

Berikut ini langkah-langkah cara menanam semangka yang praktis dan untuk hasil panen melimpah.

1. Syarat Tumbuh Tanaman Semangka

Tanaman semangka cocok untuk daerah dengan curah hujan berkisar diantara 40 sampai 50 mm setiap bulannya. Buah ini cocok untuk ditanam di daerah atau tempat dengan suhu kurang lebih 25 derajat celcius pada siang hari. Jadi, jika kita ingin budidaya semangka kita tidak perlu takut dengan kondisi lahan kita karena memang tanaman ini bisa tumbuh di daratan dataran tinggi ataupun dataran rendah. Untuk kelembaban udara tanaman semangka cocok untuk daerah yang kering dan cenderung miskin akan uap air. karena memang habitat asli dari tanaman semangka adalah di afrika, jadi bagi Anda yang ingin budidaya semangka, kondisi lahan di perlu diperhatikan.

Tanaman semangka cocok untuk lahan yang memiliki lahan yang tidak ada naungannya atau cocok untuk daerah yang terkena sinar matahari secara langsung. Kurangnya cahaya matahari dapat mengganggu proses perkembangan tanaman semangka, dan kemungkinan besar proses pemanenan akan mundur. Sedangkan kondisi tanah atau lahan tanaman semangka cocok untuk daerah yang gembur memiliki unsur hara yang tinggi. pH tanah tanaman semangka cocok pada kisaran 6 sampai 6,7.  Jika kondisi tanah belum memenuhi kriteria tersebut sebaiknya dilakukan proses pengapuran sampai pH tanah sesuai.

2. Persiapan Benih

Jenis benih yang paling bagus untuk kita budidayakan yaitu jenis benih semangka hibrida impor. Jenis benih ini memiliki dua macam yaitu triploid dan haploid. Jika benih triploid sebaiknya hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu menyayat bijinya atau direnggangkan karena cangkang biji semangka ini cukup keras. Sedangkan untuk biji semangka haploid cukup mudah untuk disemaikan karena cangkang biji nya tidak sekeras triploid.

Selanjutnya adalah proses perendaman biji semangka. setelah direnggangkan biji semangka tersebut direndam didalam air dengan campuran air hangat, hormon tumbuh, fungisida dan bakterisida. Lamanya perendaman sekitar 30 menit, lalu biji semangka diangkat dan ditiriskan sampai biji tersebut kering. Lalu bibit semangka siap untuk dikecambahkan dan siap untuk ditanam.

3. Pengolahan Lahan

Yang perlu dilakukan saat pengolahan lahan persiapan sebelum tanam yaitu pembersihan media tanam. Usahakan jangan sampai ada gulma pengganggu di lahan. Setelah tanah sudah bersih dari gulma atau pun batu-batuan pengganggu, kemudian membuat bedengan supaya air yang ada di dalam tanah bisa mudah untuk di alirkan. Perlu Anda ingat bahwa tanaman semangka tidak menyukai lahan yang basah. Usahakan jangan sampai ada lahan yang tergenang air.

4. Pemupukan Awal

Kami menganjurkan untuk melakukan penambahan unsur hara seperti pupuk organik dan pupuk kandang sebelum dilakukan proses penanaman. Jika dirasa hara dalam tanah sudah cukup Anda bisa langsung melakukan proses penanaman.

5. Membuat Lubang Tanam

Buat lubang tanam pada lahan semangka dengan kedalaman sekitar 8 sampai 10 cm. Lubang tanam ini sebaiknya dibuat seminggu sebelum proses penanaman

6. Proses Penanaman

Sebelum benih semangka ditanam di lahan sebaiknya area lubang tanam disiram dengan gembor supaya lahan siap untuk menerima bibit dengan baik. Bibit semangka juga perlu direndam terlebih dahulu dengan larutan tertentu atau biasa disebut larutan perangsang tumbuh. Larutan ini berguna untuk imunisasi benih semangka agar tak mudah terserang penyakit atau hama. Lama proses perendaman yaitu sekitar 5 -10 menit. Langkah selanjutnya yaitu memisahkan bibit semangka dari kantong tanam. Berhati hatilah dalam memisahkan benih semangka supaya akarnya tidak rusak.

7. Proses Pemeliharaan

Pada bagian ini yang perlu anda lakukan yaitu proses penjarangan dan penyulaman. Langkah penjarangan dilakukan jika tanaman tersebut terlalu lebat, caranya yaitu dengan cara memotong dan memangkas daun atau batang yang sudah tidak dibutuhkan lagi. sedangkan untuk langkah penyulaman bisa dilakukan dengan cara mengganti bibit yang telah mati dengan bibit baru yang lebih sehat.

Selain itu juga dilakukan proses penyiangan. Caranya yaitu dengan membuang ranting yang dianggap sudah tidak berguna. Pada ujung ranting sekunder cukup disisakan2 helai daun saja.

8. Pemupukan

Budidaya semangka sebaiknya menggunakan pupuk organik. Guna mendukung perkembangan buah semangka serta menyehatkan daun, gunakan ZPT multi guna Hantu ,. Sedangkan untuk pematangan buah semangka menggunakan pupuk NPK Jago Tani Hantu ,untuk hasil buah yang bagus.

Aplikasi ZPT multiguna hantu ,dengan Dosis : 10ml atau 1 tutup botol  dicampur 5 liter air disemprotkan ke daun,dilakukan 7-10 hr sekali selama 2-3 bln

sedangkan NPK Jago tani  dg dosis 10 ml atau 1 tutup botol dicampur dg 5 ltr air disiramkan ke media tanam / akar , dilakukan 7-10 hr sekali selama 2 -3 bln,

9. Pengairan

Secara umum petani semangka memakai sistem Farrow Irrigation, yang mana air dilairkan memakai saluran diantara bedengan. Adapun frekuensi pemberian air di musim kemarau yaitu 4-6 hari. Pastikan juga volume penyiraman air tidak berlebihan.

10. Pemanenan

Semangka bisa dipanen mulai umur 70 sampai 100 kali. buah semangka siap dipanen jika telah terjadi perubahan warna buah. Batangnyanya sendiri akan terlihat mengecil dan kemudian semakin mengering. Itulah ciri-ciri buah semangka sudah siap untuk dipanen. Usahakan waktu pemanenan18:13:10 pada saat cuaca cerah dan tidak hujan supaya hasil panen dalam keadaan kering

Demikianlah Cara Praktis Budidaya Semangka Untuk Hasil Panen Melimpah. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat. Terima kasih dan selamat menanam buah semangka.

Baca entri selengkapnya »

BUDI DAYA BUAH NAGA

Posted on Updated on

Kiat Sukses Budidaya Buah Naga
ilustrasi-budidaya-buah-merah
tips Kiat Sukses Budidaya Buah Naga. Apa yang mendasari kita untuk memulai berbisnis budidaya buah merah ? Jawabannya adalah potensi pasar yang semakin tinggi jumlah permintaan, berbagai obat herbal banyak menggunakan bahan dasar buah naga, berbagai olahan makanan pun sekarang semakin banyak penggunakan buah merah. Apalagi jumlah impor akan buah naga masih cukup besar, hal ini karena tingkat produksi dalam negeri masih belum mencukupi kebutuhan.

Apa yang menjadi manfaat buah naga ? Banyak sekali khasiat buah naga bagi kesehatan.
Manfaat Buah Naga
Baca entri selengkapnya »

PUPUK ORGANIK CAIR PLUS PROBIOTIK

Posted on Updated on

POC GDM ( pupuk organik cair )merupakan Pupuk Organik Cair lengkap yang mengandung bakterisida/ probiotik2 di hasilkan dari bahan-bahan organik dan bakteri yang diperlukan oleh tanaman.
poc gdm
nullGDM logo
Testimoni Pupuk organik cair Gdm

Bahan-bahan POC GDM :

GDM terbuat dari bahan-bahan pilihan yang segar dan terjamin kebersihannya, selain itu GDM mempunyai keunggulan absolute dimana bakteri yang digunakan di dalam proses pembuatan GDM adalah bakteri import dari “CHINA” yang tidak tersedia di Indonesia.
Baca entri selengkapnya »

MENINGKATKAN GETAH PADA POHON KARET

Posted on

Meningkatkan Produksi Getah Tanaman Karet
PERPADUAN ANTARA ZPT HORMON HANTU DG NPK CAIR AURA D MBNImage

Resep Mudah Meningkatkan Produksi Getah Tanaman Karet 3 kali lipat, hemat pemakaian pupuk kimia, dan meningkatkan mutu karet dengan kualitas Grade A.

Resep meningkatkan produksi getah karet supaya bisa menghasilkan lebih dari 3 Kwintal (300 Kg) tiap 15 hari (dari 500 pohon) dengan teknologi JIMMY HANTU

Cara 1: per 1 drum air 200 Liter + 250 ml NPK CAIR Aura d Embun + 500 ml ZPT Hormon Hantu ,. Siram di lingkar batang, per pohon 2 Liter. Disarankan utk pertama kali, periode pertama siram tiap sebulan sekali selama 3 bulan. Periode berikutnya cukup disiram tiap 3 bulan sekali
Setiap bulan dikocor dengan Pupuk Mikroba/probiotik ( poin duatani ) 10 ml dicampur air 5 liter .

Cara 2 pemupukan
Setiap pohon diberi pupuk kandang/ kompos sebanyak 5 kg , dibiarkan selama seminggu selanjutanya disiram dg pupuk mikroba 2 liter /pohon setelah dicampur air ( 20ml point duatani + 5 liter air ) setiap 2 minggu sekali sampe 3bulan
Setiap bulan sekali dikocor sekitar akar dngan cairan NPK cair Aura d embun ( 2 liter /pohon setelah dicampur air
Berikutnya disiram/dikocor sebulan sekali baik dg NPK cair maupun dg ZPT+ Pupuk Mikronba Point duatani .

Cara yang terbaik dengan hasil yang cepat gunakan pemupukan yang dicampur air (cara 1)

Cara 1 bisa digunakan untuk menyembuhkan mati getah, tempo 15 hari sudah bisa mulai normal getahnya. Produksi getah akan berangsur-angsur meningkat. Getah menetes dari pagi sampai jam 12 siang.

Tips menyembuhkan luka bekas sadapan, kulit sadapan menghitam, memberantas jamur, sekaligus menyembuhkan mati kulit: ZPT hantu + Pupk mikroba point duatani . Oles dengan kuas ke batang sadapan yang rusak secara berkala tiap 3 hari sekali.

Tips menyembuhkan penyakit JAP (Jamur Akar Putih):
Campuran antara zpt dan pupuk mikroba ( POIN DUATANI )10 ml dilarutkan dalam 5 ltr air disiramkan pada pohon diberi 2 Liter. Siram di apangkal batang. interval 1 minggu sekali. ulangi sampai 3x per 1 minggu. Selama penyembuhan jangan menyemprotkan pestisida / herbisida. Gunakan air sungai atau sumur tanpa kaporit. Jangan menggunakan air ledeng.

HUB : 0813.2281.5219

BUDI DAYA JAGUNG ORGANIK

Posted on Updated on

Kiat Budidaya Jagung Organik Hasil Panen Berlimpah
gambar-budidaya-jagung-manis
Selain tanaman ini mudah untuk dibudidayakan, ada keuntungan lain yang kita dapat jika kita menanam jagung antara lain jumlah permintaan pasar akan kebutuhan jagung cukup tinggi, karena tanaman ini memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pengganti beras dan gandum. Oleh karena itu, Anda tidak salah jika memulai untuk bisnis budidaya jagung organik.
Baca entri selengkapnya »

PUPUK ORGANIK CAIR (POC) MENGANDUNG MIKROBA

Posted on

POC MIKROBA   ( POIN DUATANI )

 

( Pupuk Organik Cair Jagonya Petani Andalan), terbuat dari sari tumbuhan tanaman obat alami. Berbentuk cair Kental ,  POC poin dua tani  adalah mikroba yang didormankan (akan aktif jika sudah ke medianya). Mampu membentuk jentik cacing dengan cepat. Mampu membelah sel tanah yang rusak sehingga gembur kembali. , juga mempunyai kadar asam amino.

 

Manfaat dan Keunggulan POC mikroba poin duatani
Memperbaiki kondisi tanah sehingga menjadi lebih subur dan kaya hara
Menjaga kelestarian alam atau lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya
Menjaga ketersediaan hara tanah baik makro dan mikro, sehingga dapat dioptimalkan oleh tanaman.
Mengoptimalkan proses fotosintesis tanaman.
Meningkatkan fungsi – fungsi bagian tanaman sehingga lebih optimal dalam pertumbuhan danpembuahan

.Image

 

KEMASAN & HARGA

 

POC POINT DUATANI 1000 ml –    HUB : 0813.2281.5219

Discount Khusus untuk Pembelian partai besar minimal 2 dus ( 40 btl )